hidup sekali hiduplah yang berarti,event the best can be improved, the best never last

Senin, 10 Mei 2010

Komponen – komponen yang berpengaruh pada komputer oleh fatich ubaidillah

Komputer adalah alat elektronik yang sudah akrab di segala bidang kerja dan pendidikan. Hampir semua bidang memanfaatkan fungsi komputer sebagai sarana untuk melancarkan terselesaikannya tugas dengan baik, efektif, cepat, dan up to date. Komputer merupakan piranti keras (hardware) dan lunak (software) yang dikombinasikan untuk melakukan suatu fungsi komando seperti pengolahan data, perhitungan (kalkulasi), tabulasi, multimedia player (musik atau pemutar film), dan fungsi-fungsi logika atau fungsi pembentuk yang lain.
Komputer mengalami sejarah perkembangan yang lama. Mulai dari bentuk komputer paling konvensional hingga bentuk yang aero dinamis (laptop, notebook, netbook). Pada dasarnya cara kerja semua materi elektronik yang memiliki kemampuan mengolah, menerjemahkan, dan mengkalkulasi data adalah komputer walau dalam bentuk sesederhana apa pun.
Komputer mempunyai komponen-komponen yang kompleks dan mengalami perkembangan sesuai kebutuhan dan teknologi yang dibutuhkan untuk mendukung kerja dari penggunanya. Secara umum komponen komputer yang lazimnya banyak diketahui orang adalah hardware dan software.
Hardware atau perangkat/piranti keras secara fisik adalah bagian pada komputer yang menjalankan fungsi fisik komputer itu sendiri. Seperti hal nya monitor, berfungsi menampilkan display  (output) dari data yang diolah oleh komponen lainnya.
Software atau perangkat lunak, merupakan bagian soft genuine atau kumpulan bahasa program atau program itu sendiri yang mampu megolah, memproses, dan melakukan fungsi logika pada komputer.
Kebanyakan software ini berupa program-program yang dibuat oleh programmer komputer untuk mendukung kerja penggunanya. Misal saja program yang sudah familiar di telinga semua pengguna komputer, Microsoft Word. Merupakan software atau program dari salah satu perusahaan komputer terbesar dunia MicrosoftTM .
Pada dasarnya prinsip kerja komputer adalah saling dukungnya piranti keras dan lunak yang melakukan fungsi kerja secara bersamaan. Kerja monitor tidak lepas dari kerja piranti lain, begitu juga piranti yang lain. Bahkan antar software atau antar hardware saling mendukung kerja satu sama lain.
Komputer melakukan kerja dengan komando yang dominan dari user atau penggunanya atau dengan istilah lain adalah brainware. Penentu arah tujuan dari semua berjalannya mekanisme kerja komputer selalu mengikuti penggunanya. Dalam hal ini, pengguna adalah otak utama atau pengontrol fungsi komputer.
Berikut ini akan dijabarkan beberapa fungsi bagian-bagian atau komponen dari komputer:
1.    CPU (Central Processor Unit)
CPU atau Central Processor Unit adalah hardware yang berfungsi pusat pengolahan utama input data. Secara numeric dan alphanumeric semua data yang masuk diolah olah CPU sebagai “otak” dari komputer itu sendiri. Saat ini, di pasaran komputer tersedia berbagai macam spesifikasi dan merk CPU yang dijual bebas atau terangkai (satu set) dengan komputer.
CPU memiliki kecepatan mengolah data (input) yang beragam. Kecepatan olah data ini yang menentukan kualitas dari komputer tersebut. Misalkan saja CPU jenis IntelTM Pentium 4 tipe 2.6GHz dengan 3.0GHz tentu lebih acceleratif CPU dengan kecepatan olah data 3GHz.
Kebanyakan pengguna mencari komputer dengan tingkat kecepatan olah data CPU yang paling terakhir (update) dikeluarkan di pasaran. Bermacam-macam jenis CPU menjadi pilihan bagi pengguna seperti yang saat ini ; IntelTM Core, IntelTM Dual Core, IntelTM Dual Core 2, IntelTM Dual Core 2 Duo, AMD Athlon, AMD Duron, dan sebagainya.
2.    Harddisk
Harddisk berupa piranti fisik berupa piringan plat yang terbungkus dengan besi keras. Piringan ini berputar saat komputer aktif dan terjadi aktivitas simpan-olah data. Kemampuan utama dari harddisk ini adalah menyimpan data. Kemampuan harddisk diukur dengan kapasitas ruang simpan data (umumnya dalam Giga byte/GB).
Harddisk bekerja dengan adanya arus yang mengalir di hardware ini. Harddisk bisa disebut sebagai media penyimpanan data pada komputer secara temporer. Data dalam harddisk ini dapat dihapus, pindah, atau salin (copy).
Beberapa jenis harddisk di pasaran misalnya ; SonyMaxtor, IntelTM, dan sebagainya (dengan kapasitas simpan data bervariasi).
3.    RAM (Random Access Memory)
RAM atau Random Access Memory merupakan memori simpan sementara dalam processor. Komponen ini sangat sensitif dan menentukan kecepatan kerja kedua setelah CPU (tentu dengan kecepatan CPU yang maksimal). Kerja RAM ini sebagai tempat simpan pertama dari data sebelum data masuk ke harddisk atau diolah oleh program-program tertentu. Kemampuan RAM juga diukur berdasarkan kapasitasnya (misal 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, dan seterusnya).
Tipe RAM yang ada saat ini adalah DDR1 dan DDR2. Tipe ini dibedakan dari jenis soket RAM di rangkaian komputer (motherboard). Untuk perkembangan komputer saat ini, RAM tipe DDR2 lebih banyak digunakan atau diaplikasikan ke dalam tubuh komputer.
4.    VGA (Video Graphic Accelerator)
VGA sebagai piranti yang berfungsi sebagai pendukung akselerasi grafik atau gambar gerak sebagai output di monitor. VGA mempunyai instalasi sambungan ke monitor komputer. Letak atau posisi VGA ditanam pada motherboard komputer. Kerja VGA sangat dominan ketika komputer melakukan kerja yang keras terutama pada saat memainkan fungsi komputer sebagai multimedia player (musik, film, gambar).
VGA bervariasi dengan kemampuan yang berbeda. Kemampuan VGA diukur dengan kapasitas VGA (32MB, 64MB, 128MB, 256MB, dan seterusnya). Berbagai macam merk VGA yang tersedia di pasaran saat ini seperti merk Nvidia, Gigabyte, dan sebagainya.
5.    CD/DVD Writable/player
Seperti komponen pemutar CD/DVD pada umumnya, player ini mampu memainkan, membaca file, dan menulis file (write) dari CD yang masuk ke komputer.

6.    Monitor
Merupakan display dari input data yang diberikan ke dalam suatu program di komputer. Monitor berupa tampilan data yang sudah diolah dan diterjemahkan oleh bagian prosesor data.
Monitor menampilkan data berupa gambar, huruf, gelap-terang, angka, gambar gerak, dan output lainnya sesuai dengan program yang dijalankan. Monitor bervariasi ukurannya, mulai dari 10”(10 inch), 13”, 14” (pada jenis notebook/laptop), 15”,17”, dan tipe LCD wide screen (pada jenis monitor terpisah).
7.    Keyboard
Keyboard berupa pad yang berisi tombol-tombol huruf atau angka atau simmbol lain yang berfungsi untuk memberikan command berupa input ke dalam suatu program yang memakai/menggunakan tombol-tombol dalam keyboar tersebut.
Fungsi lain dari keyboard adalah memberi command shortcut atau tombol pintas untuk melakukan suatu aksi pada program yang sedang berjalan di komputer, misal Ctrl+C = Copy (salin data), Alt+F4= tutup program aktif, dan sebagainya.
8.    Soundcard
Soundcard atau akselerator audio berfungsi sebagai prosesor audio yang keluar (output). Sama halnya dengan monitor, soundcard berfungsi sebagai media perantara output sebelum ke speaker.


9.    Mouse
Secara harfiah mouse (tikus) memang berbeda jauh ketika dikaitkan dengan komputer. Mouse yang dimaksud adalah bagian berbentuk bulat yang memiliki 2 tombol eksekutor (kanan dan kiri) yang berfungsi sebagai penggerak kursor yang tampak di monitor saat komputer hidup (aktif). Bentuknya memang menyerupai tubuh tikus dengan kabel yang terhubung dengan komputer/laptop (saat ini sudah berkembang mouse wireless dengan bluetooth). Mouse efektif digunakan pada saat melakukan kerja yang lumayan intensif (lama) pada komputer. Untuk laptop/notebook, fungsi mouse ini dapat digantikan dengan touchpad (kursor sentuh).
10.              Speaker
Seperti speaker pada umumnya, speaker ini mengubah input elektrik ke dalam output fisik berupa suara. Kebanyakan komputer menggunakan speaker dengan karakteristik amplifier yang sesuai dengan komputer.
11.              Soket/USB Port
Soket atau port USB ini berfungsi menghubungkan device tambahan seperti strorage media (flashdisk) dan piranti elektronik lain ke komputer. Dengan terhubungnya alat tersebut, komputer dapat membaca data dari alat tersebut.
Tipe USB sebenarnya tidak mengalami perbedaan yang sudah ada dari dulu. Perkembangan lebih terpusat pada versi USB nya (sekarang versi 2.0).
12.              Modem
Modem atau piranti tambahan komputer ini berfungsi sebagai media koneksi sambungan ke internet. Modem sebagai perantara pengunduh data yang ada di internet. Koneksi modem ini menentukan kecepatan baca halaman web dari komputer itu sendiri.
Modem merupakan fasilitas pendukung dari provider yang menyediakan koneksi data internet. Internet lebih cepat ketika modem yang digunakan maksimal dan layanan dari provider maksimal (sesuai yang dibutuhkan).
13.              Webcam (web camera)
Web camera adalah alat perekam gambar gerak maupun tak gerak dan mengirimnya ke pengguna lain di tempat yang sama atau bahkan berbeda sebagai alat komunikasi dua arah. Pemakaian webcam mendukung komunikasi lewat internet walau secara semi langsung.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar